Selasa, Maret 10, 2009

Rahasia Bisnis Internet

Hallo, Selamat Pagi ! (kapanpun waktu Anda membuka blog ini)
.
Pagi adalah waktu yang sangat menentukan aktifitas seseorang di hari itu, jika paginya bersemangat maka hari itu juga sepenuhnya semangat. Jadi waktu yang paling cocok untuk menularkan semangat antusiasme adalah “Selamat Pagi!. (meskipun udah malam). Biar semangat terus. :-)
.
Sukses adalah impian semua orang. Mungkin tidak semuanya, ada beberapa orang yang menginginkan hidup biasa saja yang penting bagi mereka hidup yang cukup saja, cukup bisa makan, cukup punya mobil, cukup punya rumah, cukup punya properti, cukup punya kapal… (just kidding). Saya dan Anda terlahir sebagai pemenang, siapapun dan apapun latar belakangnya kita adalah pemenang (sampai saat ini masih tetap seperti itu), sikap dan tindakan kitalah yang mengarahkan kita akan kemana ?.
.
Sukses jelas berbeda beda menurut ukuran setiap orang, tapi yang pasti jika sukses yang dimaksudkan adalah bisa memenuhi semua kebutuhan hidup maka nilainya adalah uang. Tak bisa kita pungkiri untuk menjalankan segala aktifitas kita dari hari ke-hari dibutuhkan uang sebagai alat tukar untuk sesuatu yang kita butuhkan.

Kehidupan ekonomi bisa berputar karena ada transaksi jual dan beli, ada yang membutuhkan dan dibutuhkan sehingga saling melengkapi, dan apapun profesinya Anda selalu dalam posisi tawar menawar dan mengakibatkan pada satu pihak terjadi pembelian dan di pihak lain terjadi penjualan.

Seseorang yang sukses memiliki kemampuan untuk menjual dirinya, lihat bagaimana Anda bersikap, berpikir dan berprilaku dalam berbagai aspek kehidupan baik disadari ataupun tidak Anda sedang diperhatikan orang (you are celebrity), orang akan menilai siapa anda bahkan tanpa perlu anda berkomentar.

Armada perniagaan-lah yang menggerakan roda per-ekonomian. Bahwa apapun yang Anda lakukan kadang Anda bertindak sebagai penjual dan kadang bertindak sebagai pembeli. Intinya ada harga yang harus anda keluarkan. Sebagai pembeli Anda harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan produk yang diinginkan, sebagai penjual Anda harus mengeluarkan uang untuk membuat dan mempromosikan produk Anda dengan baik. Begitu halnya dengan kesuksesan. Jika kita ingin sukses ada “harga” yang harus kita keluarkan, sukses tidak datang meghampiri Anda dengan hanya santai dan berangan-angan. Memiliki impian adalah karakteristik orang yang sukses, tapi impian tanpa perjuangan dan pengorbanan untuk mewujudkannya hanyalah lamunan kosong.

Orang yang sukses memiliki kemampuan dalam menjual dan memasarkan diri, dan pemasaran adalah bagaimana Anda menolong orang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Setiap orang membeli berdasarkan keinginan dan tentunya dari orang yang mereka kenal, mereka sukai dan mereka percaya. (The magnetic marketing solution – Joseph G. Gracia – BlueMoon Publishing).

Jika dalam ilmu ekonomi terbagi kedalam ekonomi makro dan ekonomi mikro yang bergerak dalam lingkup lokal dan global tergantung usaha Anda, maka para pebisnis canggih membaginya ke dalam bisnis online dan offline. Di sini kita akan fokus membahas bisnis online yang sedang jadi trend dan fenomenal, benarkah ada seseorang yang tahu cara menghasilkan uang berlimpah dari internet, angkanya bisa ribuan, ratusan ribu, jutaan, bahkan ratusan juta sampai milyaran (wow it’s a big business). Apakah bisnis yang mereka lakukan benar-benar bisnis yang dilakukan secara professional dengan menjunjung etika bisnis dan kehidupan ?... yang lebih serius lagi apakah mereka jujur dalam melakukan bisnisnya (be a positive thinking).

Dalam setiap kesempatan untuk online saya sering menyempatkan untuk berkunjung ke situsnya mas Joko Susilo. Pernah saya jumpai dari artikel yang saya baca ada seseorang yang melontarkan keluhannya ketika membeli produk dari Formula bisnis. Intinya dia merasa telah ditipu, karena menurutnya e-book yang di beli isi-nya biasa saja hingga tidak menghasilkan pemasukan seperti yang dia harapkan. Lalu mas Joko Susilo menanyakan apakah dia sudah benar-benar menerapkan dan menjalankan semua teori yang terdapat dalam e-book tersebut. Jawabnya “belum”. Satu lagi pecundang terlahir kemuka bumi – begitu komentar dari mas Joko Susilo dalam artikelnya.

Orang tua kita melahirkan kita tidak untuk sebagai “pecundang”, kita-lah yang membuat diri kita sebagai “pemenang” atau “pecundang”. Jadi buatlah dan arahkan-lah diri kita pada posisi “pemenang”. Seorang pemenang mengetahui dengan pasti bahwa kesuksesan adalah hasil dari pembentukan pola pikir yang positif melalui perjuangan dan pengorbanan. Tidak ada sukses yang gratis, harus ada harga yang dikeluarkan. Apapun impian Anda, Termasuk dalam menjalankan bisnis internet. Menurut Anda apakah hanya dengan beberapa “klik” sudah bisa menghasilkan uang?. :-)

Dengan mengamati perkembangan internet dan kebutuhan akan informasi yang begitu tinggi dan semakin gencarnya berbagai perusahaan baik menengah maupun berskala besar untuk memasarkan produknya, maka internet adalah media yang paling ampuh untuk memasarkan produk dan jasa yang sanggup menjangkau seluruh dunia.

Menurut data statistik yang diperoleh pada tahun 2007, total pengguna internet dunia adalah 1,114,274,426 orang, dan populasi terbesar adalah Asia-sebesar 398,709,065 orang. Di Negara Jepang total pengguna internet mencapai 86,300,000 orang, Malaysia 13,528,200 orang, Singapura 2,421,000 orang, di Indonesia total pengguna internet mencapai 18,000,000 orang mengalahkan negara tetangganya Malaysia dan Singapura, data tersebut adalah data tahun 2007-bagaimana dengan sekarang?, Anda sudah bisa memprediksikannya sendiri, dan angka tersebut akan terus tumbuh mengingat saat ini di Indonesia infrastuktur untuk menunjang pelayanan internet semakin terjangkau dengan tarif yang cukup bersaing antara masing-masing perusahaan penyedia layanan internet.

Mari sedikit berhitung, dengan menggunakan data tahun 2007 total pengguna internet di Indonesia mencapai 18.000.000 orang. Jika Anda mengambil porsi 1% saja maka itu berarti anda mempunyai prospek 180.000 orang, tapi Anda tidak sendiri di internet banyak pesaing Anda. Jika terdapat 100 orang yang menjajakan produk yang “mirip” dengan produk Anda berarti prospek yang 180.000 terbagi menjadi 100 = 1.800 orang, Jika dari 1.800 orang prospek hanya 100 saja yang bisa Anda usahakan untuk membeli produk yang Anda tawarkan dengan asumsi harga per-satu produk Anda Rp. 50.000,- maka Anda sudah menghasilkan Rp. 5.000.000,-, meskipun Anda mendapatkan yang Rp. 5.000.000,- tersebut harus dalam waktu satu bulan – tetap saja itu adalah bisnis yang menarik. Bagaimana jika Anda mendapatkan prospek 1.800 orang, 18.000 orang, 180.000 orang, Anda bisa hitung sendiri penghasilan Anda jika mendapati 1% saja dari prospek Anda yang membeli produk Anda. Dan yang pasti penguna internet akan terus tumbuh dan tumbuh karena ini adalah era informasi. 18.000.000 orang pengguna internet di Indonesia adalah angka tahun 2007, bagaimana dengan tahun 2009 , atau 2 tahun mungkin 5 tahun yang akan datang ?.
.
Apakah dengan hanya memiliki produk untuk dijual kemudian membuat web/ blog lalu dengan sendirinya para pengguna internet akan berkunjung menuju web/ blog Anda. Masih ingat tulisan diatas “Satu lagi pecundang terlahir kemuka bumi” – begitu komentar dari mas Joko Susilo dalam artikelnya. Anda adalah pemenang !, promosikan web/ blog Anda ,perkenalkan-lah pada Dunia melaui internet. Caranya ?.

Pada prinsipnya bisnis internet sama dengan bisnis konvensional, dimana Anda menjual produk atau jasa Anda pada orang yang membutuhkan, namun dalam bisnis internet produk atau jasa Anda dijual melalui media internet. Semua produk dan jasa yang bisa Anda jual secara konvensional dapat juga Anda jual melalui internet.
.
Apakah Anda pernah mendengar atau pernah mendapat email bahwa mas Joko Susilo bisa menghasilkan Rp. 70 juta perbulan secara pasive income hanya dengan menjual informasi di internet, atau seorang yang dalam hitungan minggu tiba-tiba saldo rekeningnya bertambah beberapa juta dengan menjalankan program bisnis affiliasi di internet. Itulah beberapa keunikan dari berbisnis yang telah dipromosikan melalui internet dan tentu saja produk Anda tidak boleh mengecewakan pembeli apalagi menipu!. Promosikan apa yang Anda jual melalui internet.

1. Daftarkan web/ blog Anda di mesin pencari (search engine).
.
Yang paling dibutuhkan orang ketika surfing di internet adalah informasi, dan sebagian besar dari mereka mendapatkan informasi yang mereka cari melalui mesin pencari. Web/ blog yang berada di urutan terdepanlah yang akan paling banyak di klik sebab setiap orang tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengklik semua situs yang ditampilkan oleh mesin pencari yang bisa mencapai ribuan. Karena itu web/ blog Anda harus di kenal dan berada pada minimal dalam halaman pertama mesin pencari.Anda bisa mendaftarkan web/ blog Anda pada mesin pencari seperti :
Google.com/addurl.html
Addurl.altavista.comAddme.com
Freewebsubmission.com

2. Daftarkan web/ blog Anda di iklan baris.
.
Saat ini ada begitu banyak layanan iklan baris di internet baik yang gratis maupun yang bayar. Berikut ini beberapa layanan iklan baris gratis yang tersedia di internet.
Ikalanhouse.com
Iklanbarisgratis.com
Iklanmarket.com
Iklanbarispro.com
Iklandunia.com
Iklanplaza.com
Iklanumum.com
Iklan-laris.com
Bursapromo.com
.
3. Bergaulah di internet dengan sering mengunjungi forum-forum diskusi.
.
Bayak sekali situs forum-forum diskusi yang bisa dukunjungi.
Kaskus.com
Forum.bisnisinternetonline.com
Mail-archive.com
Forum-kafegaul.com
Forum-detiknet.com
.
4. Promosikan web/ blog Anda pada sebuah milis.
.
Komunitas dalam sebuah milis merupakan target pasar yang jelas. Dari beberapa milis dengan satu jenis tema saja sudah bisa memiliki anggota ribuan. Cobalah milis yang berada di Yahoogroup.
.
5. Cara lain lagi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan barter link/ tukar link yang semuanya bisa Anda lakukan secara gratis.
Duta-iklan.com
Raja-iklan.com
Indomilis.com
Tukeranlink.dagdigdug.com
Modalsukses.com
.
6. Jika Anda cukup memiliki dana promosi Anda bisa langsung mengiklankan web/ blog Anda melalui layanan penyedia iklan di internet yang berbayar. Seperti Google Adwords dan lainnya.
.
Satu hal yang harus benar-benar Anda pahami dalam membangun bisnis internet adalah bagaimana cara mendatangkan pengunjung/ traffik yang sebanyak-banyaknya untuk melihat web/ Blog Anda. Sebagus apapun web atau blog Anda jika tidak ada yang melihat tidak ada manfaatnya untuk Anda. Tujuan utama orang menggunakan internet adalah untuk mendapatkan informasi , maka berikanlah informasi yang berguna dan bermanfaat pada web/ blog Anda untuk orang yang membutuhkannya. Pelajarilah hal tersebut.
.
Mendatangkan Traffik yang tinggi menuju web/ blog Anda pastinya bukan hal yang mudah. Tapi jika mind set Anda mengatakan bahwa sesulit apapun itu Anda akan bisa melakukannya dan yakin akan berhasil, saya ucapkan selamat, masa depan milik Anda. Apapun yang Anda perbuat, lakukanlah dengan professional.
.
Beberapa alasan kenapa berbisnis internet begitu penting :
.
1. Pasar Anda adalah lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia.
2. Perputaran uang di internet menurut data statistik bisa mencapai lebih dari US$ 170 milyar dan angka ini terus berkembang.
3. Pertumbuhan internet di Indonesia sangat pesat apalagi dengan didukung oleh infrastruktur yang mudah dalam mengakses internet.
4. Biaya untuk akses internet saat ini sudah semakin mudah dibanding beberapa tahun yang lalu.
5. Internet adalah trend, sehingga jika Anda mulai berbisnis internet sekarang Anda akan termasuk kedalam gelombang pertumbuhan trend bisnis internet.
.
Jika Anda benar-benar beniat dan serius untuk fokus di bisnis internet perhatikan hal-hal berikut ini :
.
1. Divergensi/ membuat perbedaan, disamping pasar yang sangat besar di internet juga banyak sekali pesaing. Oleh karena itu buatlah produk yang akan Anda pasarkan melalui internet memiliki nilai tambah.
2. Bangunlah jaringan dan kerjasama dengan berbagai media yang tersedia di internet.
3. Selalu monitor dan pantau bisnis Anda serta perbaiki terus kwalitasnya.
4. Jika Anda ingin memiliki bisnis internet dalam jangka panjang yang berhasil Anda mutlak harus memiliki web atau blog.
5. Kuasailah teknik mendatangkan traffic (pengunjung) ke web/ blog Anda dengan cara gratis dan berbayar. Promosikanlah web/ blog Anda.
6. Setelah bisnis internet Anda berjalan maka buatlah agar bisnis tersebut berjalan dengan otomatis sehingga bisnis tersebut akan menjadi passive income untuk Anda, kemudian Anda bisa membangun bisnis Anda yang kedua, ketiga, dan seterusnya.
.
Lalu kenapa banyak orang gagal dalam berbisnis di internet bahkan lalu menjadi seorang yang pesimis, inilah alasannya :
.
1. Tidak memperlakukan bisnis internet sebagai bisnis. Karena dianggap dengan modal yang sangat kecilpun sudah bisa memulai bisnis internet.
2. Tidak memiliki fokus dan goal yang jelas, sehingga hanya berharap dengan beberapa klik saja sudah menghasilkan uang.
3. Tidak bersedia untuk membayar dengan waktu, uang dan tenaga.
4. Tidak memiliki pola pikir yang tepat. Apapun yang Anda lakukan harus ada perjuangan dan pengorbanan termasuk bisnis di internet.
5. Tidak bergabung dalam komunitas yang saling memberi dukungan.
6. Tidak sabar dan kurang tekun.
.
Jika Anda belum berniat serius untuk berbisnis internet maka luangkanlah waktu untuk sedikit mempelajarinya karena bisnis internet akan menjadi trend pasar yang terus tumbuh tanpa batasan wilayah dan negara, Anda harus mengetahuinya.
.
Jika Anda berniat untuk serius di bisnis internet maka itu kabar baik untuk Anda, berjuang terus kuasai ilmunya, karena apapun yang Anda lakukan jika Anda tidak tahu caranya maka dipastikan Anda tidak akan berhasil. Kesuksesan hanya milik orang-orang yang bersedia mengaktualisasikan dirinya dengan penuh totalitas. Bisnis internet adalah bisnis professional, jadi lakukanlah dengan professional.
.
Untuk mengetahui dan memahami dengan mudah bagaimana bisnis internet di jalankan dan bagaimana membangun sistem secara otomatis sehingga mendatangkan keutungan yang luar biasa bahkan secara pasive income, sebelum Anda lebih banyak mengeluarkan uang untuk e-book yang berisi tips dan trik yang belum tentu Anda pahami dan sulit mangaktualisasikannya, saya menyarankan Anda untuk membeli e-book yang di tulis oleh Joko Susilo dengan Judul Sistem Mesin Uang Otomatis (bisa klik disini ). .
.
Memang ada harga yang harus Anda keluarkan untuk memperolehnya. Tapi itu tidak seberapa dengan informasi yang akan Anda peroleh didalamnya, Anda akan dapati bagaimana cara membuat web/ blog yang menarik, bagaimana mendatangkan traffic/ pengunjung, termasuk cara membuat bisnis internet Anda berjalan secara otomatis.
.
Bahwa ternyata untuk menjalankan bisnis di internet sangat sederhana jika Anda tahu caranya, yang tidak dilakukan oleh sebagian besar pemula dalam berbisnis internet adalah “dia tidak mempelajari caranya dan hanya berharap dengan beberapa klik saja sudah menghasilkan uang”.
.
Apapun impian Anda untuk sukses harus dimulai dari Pola pikir yang positif, kemudian mau berjuang dan rela berkorban untuk mewujudkan impian Anda. Itulah kunci sukses.

Bukankah setiap kesuksesan ada perjuangan dan pengorbanan yang harus dibayar.

OK… Sukses untuk Anda. Never Give Up – Keep Fighting !!.

Referensi bisnis internet Dedi Kurniadi :

0 komentar:

Google Sitemap Generator
Powered By Blogger
© 2009 All Rights Reserved : e-infonet.blogspot.com

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP